Buku Seni Jagat Nusantara

PENGANTAR BUKU SENI SEJAGAT NUSANTARA: Pameran Virtual 2020

Salah satu produk yang signifikan dari Zaman Keemasan Kertas adalah buku. Buku berisi topik yang sangat beragam berkaitan dengan berbagai seluk beluk kehidupan makhluk di muka bumi ini. Isi-isi buku tersebut berdimensi masa silam (sejarah), kajian topik masa tertentu ketika buku itu disusun, hingga topik tentang masa depan (futuristik). Buku menjadi wadah informasi sekular hingga spiritual,.sebagai kitab suci misalnya. Ringkasnya, buku menjadi produk otentik peradaban kertas. Bentuk dan ukuran serta ketebalannya khas. Penyimpanannya juga pada tempat khusus (rak buku). Cara sebuah buku dibuka untuk dibaca sangat khas pula. Buku menjadi benda terbuat dari lembaran-lembaran ketebalan kertas yang unik. Kehadiran teknologi dan institusi Percetakan dan Penerbitan buku berkembang sebagai penanda Zaman Kertas.

Oleh perkembangan zaman ketika teknologi demi teknologi berkembang karakteristik buku juga berkembang begitu juga budaya membaca, berpikir dan berperilaku manusia dalam kebudayaannya.Era digital yang kian menjadi andalan teknologi dan budaya dewasa ini tampaknya secara bertahap mengajak manusia untuk meninggalkan media kertas (paperless society). Buku didekati dengan teknologi digital (e-book).

Seniman dengan kemampuan perasaan estetik dan imajinasinya menatap fenomena kertas, termasuk benda buku di dalamnya, untuk berkelana mengarungi dimensi imaginasi dan khayalnya. Buku di tangan seniman menjadi benda artistik yang unik.

Projek Pameran Buku Seni ini mengajak kaum seniman memaknai buku bukan secara harafiah tetapi menjadikannya sebagai produk budaya yang subjektif, unik dan penuh imajinasi.

Selamat berkelana kawan melalui produk yang pada awalnya berbahan kertas.

Setiawan Sabana Juni 2020